PENGEMBANGAN DIRI

PENGEMBANGAN DIRI

Kegiatan pengembangan diri yang diselenggarakan pada Tahun Pelajaran 2015/2016 meliputi program kegiatan pengembangan diri wajib dan pilihan. Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut :

 

I.        Program Pengembangan Diri Wajib

Program kegiatan pengembangan diri wajib merupakan program yang harus diikuti oleh semua siswa SDIT Al Hikmah karena dianggap sangat penting untuk dikuasai oleh setiap siswa sebagai penunjang prestasi akademik siswa. Pelaksanaannya dilakukan secara terpadu dan berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar pada jam khusus maupun integral dalam pelajaran. Setiap siswa mengikuti program kegiatan pengembangan diri wajib setiap hari Sabtu.

 

1.   Renang

Rasulullah SAW menyuruh agar mengajari anak kita berkuda, memanah dan berenang. Berangkat dari anjuran tersebut, maka SDIT Al Hikmah menyelenggarakan kegiatan renang yang bertujuan menjaga kebugaran jasmani (Jism), pikiran (Aqli) dan ruhani (Ruh). Kegiatan renang sendiri merupakan aktifitas yang melibatkan gerak seluruh anggota tubuh termasuk otak (naluri) dan mental

 

2.   Pramuka SIT

Mukmin yang kuat lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah (Al Hadits). Untuk menjadikan generasi Islam yang kuat diperlukan latihan yang intensif dan berkelanjutan. Dalam program pramuka SIT ini, siswa akan dilatih keterampilan dasar dan life skill yang akan menunjang kehidupan mereka dalam bermasyarakat serta kedisiplinan dan kecintaan terhadap alam. Diharapkan dengan kegiatan ini, generasi Islam yang tangguh, suka bekerja keras, disiplin, memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki life skill yang tinggi bisa terwujud.

 

II.      Program Pengembangan Diri Pilihan

Program pengembangan diri pilihan merupakan program kegiatan yang ditawarkan kepada siswa. Siswa diperkenankan untuk memilih kegiatan sesuai dengan minat dan bakatnya. Untuk kelas I dan II, sementara program kegiatan pilihan ini sifatnya masih paket, artinya kegiatan yang akan diikuti siiswa kelas I dan II masih ditentukan oleh sekolah. Baru untuk kelas III dan V dilaksanakan sesuai pilihan masing-masing siswa. Adapun kegiatan pengembangan diri pilihan meliputi:

 

1.      Menggambar

   Dalam program ini, siswa difasilitasi untuk mengekspresikan perasaan dan keinginannya serta bakatnya melalui bentuk gambar. Siswa juga akan diajari cara menggambar dengan beberapa teknik menggambar yang baik dan benar termasuk didalamnya penggunaan alat dan media. Dengan kegiatan ini diharapkan akan lahir siswa-siswi dengan jiwa seni yang Islami dan mampu mengagungkan Rabbnya melalui gambar yang dibuatnya.

 

2.      Sepak Bola

Program ini mencoba mewadahi bakat siswa yang biasanya menjadi pilihan bermain setiap harinya di lapangan sekolah. Adanya pembinaan dan latihan yang intensif didukung dengan agenda lomba yang cukup baik di sekolah maupun di luar sekolah maka akan benar-benar terwadahi bakat bermain sepak bola.

 

3.      Bela Diri

Kegiatan bela diri ini lebih diarahkan pada peningkatan kesehatan dan kekuatan tubuh. Bagaimana olah tubuh yang tepat dan tata cara menghindar dari bahaya lebih ditekankan daripada untuk perlindungan diri, sehingga siswa termotivasi untuk meningkatkan kesehatannya.

 

4.      Catur

Walaupun catur merupakan salah satu cabang olahraga namun tidak terlalu membutuhkan kekuatan fisik. Inilah letak keunikan cabang catur ini. Olah fikir menjadi pokok dari kegiatan catur. Kekuatan mencerna masalah, mengatasinya, sampai analisis penyelesaiannya sangat erat dengan aktivitas catur. Hal itulah yang menjadi sebab utama mengapa catur dikembangkan dan menjadi salah satu pilihan pengembangan diri di SDIT Al Hikmah.

 

5.      Sebastra (Seni, Bahasa, dan Sastra)

Cakupan kegiatan dalam sebastra cukup luas, didalamnya terdapat keterampilan berbahasa, yaitu membaca, berbicara, menyimak, dan menulis. Dalam kegiatannnya, anak-anak berlatih bercerita, berpuisi, bermain drama, menulis cerita, bernyanyi, dan berpidato.

 

6.      Tiwisada

Tiwisada adalah sebutan untuk petugas kesehatan yang terdiri atas siswa-siswi dalam rangka menunjang pemeriksaan kesehatan di tingkat sekolah. Biasanya, petugas tiwisada disebut juga dengan dokter kecil. Kegiatan minggguan tim ini adalah pemeriksaan kesehatan tiap siswa di SDIT Al Hikmah.

 

7.      Kaligrafi

Kaligrafi adalah kegiatan seni tulis huruf hijaiyah. Anak-anak yang memiliki bakat menulis indah bisa tersalurkan, sehingga mereka bisa menulis lafazd lafazd arab dengan baik sesuai dengan kaidah yang benar.

8.      Tahfizd

Tahfizd adalah program hafalan yang diadakan untuk siswa yang memiliki kemampuan dan kemauan menghafal Al Quran. Diharapkan anak-anak yang memiliki keinginan untuk menghafalkan Al Quran sejak dini bisa tersalurkan. Program ini diluar dari program hafalan yang masuk pada jam Al Quran.

9.      Nasyid

Nasyid adalah kegiatan olah seni yang terdiri dari kelompok yang menyanyikan lagu-lagu islami. Kegiatan ini diperuntukkan bagi anak-anak yang memiliki bakat pada olah vokal.

10.  Pildacil

Pildacil adalah kegiatan menyampaikan pesan kepada orang lain atau kepanjangan dari pidato dai cilik. Kegiatan ini untuk anak-anak yang memiliki bakat menjadi dai atau mubaligh.

11.  Radio

Radio adalah kegiatan pengembangan diri yang mengajari anak-anak menjadi penyiar radio.

12.  Panahan

Panahan adalah pengenbangan diri yang dikembangkan berdasarkan sunnah Rosul. Dimana Rosul menyarankan pada kita untuk belajar berenang, panahan dan berkuda.

13.  Kelas Olimpiade

                        Banyaknya lomba-lomba mata pelajaran di tingkat internal maupun eksternal sekolah, mengharuskan adanya regenerasi tiap angkatan. Dengan adanya kegiatan ini, pembinaan yang berkesinambungan akan terus terjaga sehingga lahirlah siswa-siswi yang siap bertarung di mana pun.